Senin, 10 Januari 2011

Israel

Israel merupakan salah satu negara dari kawasan yang kita kenal dengan nama Timur Tengah. Israel merupakan negara yang kecil dibandingkan dengan negara-negara yang berada di sekitarnya. Namun letak Israel merupakan letak negara yang strategis karena Israel merupakan satu-satunya negara yang membatasi 3 benua di dunia, Eropa, Afrika dan Asia. Ketiga benua ini dihubungkan dengan jalan utama yang melewati negara Israel. Karena posisinya yang sangat strategis, Israel mungkin menjadi negara yang sangat ingin dimiliki daerahnya oleh negara lain demi menguasai jalur perdagangan dan politik (padahal kalau dilihat-lihat diberita atau tv tentang Israel, kayaknya Israel kurang puas yaa sama daerahnya yang begitu strategis itu.Hhe !)

Letak Geografis Israel
Israel ist nur 400 km lang, seine Breite schwankt zwischen 15 km und 110 km. Die höchste Stelle ist der Berg “Meron” in Galiläa mit einer Höhe von 1200 m; die tiefste Stelle dagegen ist die Stadt Sodom mit ihren etwa 5000 Einwohnern, die 392 Meter unter dem Meeresspiegel liegt. Israel adalah hanya 400 km panjang dan lebarnya bervariasi antara 15 km dan 110 km. Titik tertinggi adalah Gunung "Meron di Galilea, dengan ketinggian 1.200 meter, terendah titik, bagaimanapun, adalah kota Sodom (yang dulu jadi kasusnya si lot itu lho, tapi sekarang zamannya uda beda..), dengan sekitar 5.000 penduduk, 392 meter di bawah permukaan laut.
Die natürlichen Grenzen stellen auf der einen Seite das südliche Mittelmeer und die grünen Felder entlang der der Küste dar, auf der anderen Seite sind es die kahlen Gebirge von Judäa und Samaria. Berbatasan mewakili alam di satu sisi, bagian selatan Mediterania dan ladang-ladang hijau di sepanjang pantai, di sisi lain adalah mandul pegunungan Yudea dan Samaria. Im Norden stößt Israel an den Libanon, im Osten an Syrien und Jordanien und im Süden schließt die Wüste Negev bereits an die zu ägypten gehörende Sinaihalbinsel an. Di sebelah utara mendorong Israel ke Libanon, Suriah dan Yordania di timur dan selatan termasuk gurun Negeb sudah milik Semenanjung Sinai ke Mesir.
Israel ist ein kontinentaler Knotenpunkt im mittleren Osten, nach Westen durch das Mittelmeer, nach Osten durch den großen syrisch- afrikanischen Graben und nach Süden durch das Rote Meer begrIsrael adalah sebuah benua hub di Timur Tengah, di sebelah barat dengan Laut Tengah, timur oleh Suriah besar-Afrika parit dan melompat ke arah selatan melalui Laut Merah.

Daerah-daerah Penting Israel

Danau Galilea

Der See liegt im Norden Israels als ein fischreicher Süßwassersee im Jordangraben. Danau itu terletak di bagian utara Israel sebagai ikan air tawar besar di lembah Yordania. Er ist 21 km lang, 13 km breit, und der Seespiegel liegt 209 m unter Normalnull.Panjangnya sebesar 21 km dan memiliki lebar 13 km, dan tingkat danau 209 m di bawah permukaan laut. Er ist somit der tiefstgelegene Süßwassersee der Erde. Oleh karena itu, danau ini merupakan danau air tawar yang terendah di bumi. Seine größte Tiefe beträgt 44 m. Kedalaman terbesar adalah 44 m.Er wird vom Jordan durchflossen. Danau ini dilalui oleh Sungai Yordan. Das Klima am See ist subtropisch, das heißt, der Winter kennt keinen Frost, und der Sommer bringt Temperaturen um 40 Celsius.Danau memiliki iklim subtropis, yaitu tidak mengenal musim dingin embun beku, dan membawa musim panas dengan suhu dari 40 Celcius. Wie beim Toten Meer gibt es auch hier eine hohe Verdunstung.Seperti Mati Laut, danau ini mengalami penguapan tinggi. Ein Großteil des Wassers wird für die Bewässerung von Agrarland, vor allem im nördlichen Negev, genutzt.Banyak air yang digunakan untuk irigasi lahan pertanian, terutama di utara Negeb.
Am dichtbesiedelten Nordwestufer des Sees, zwischen Magdala und Betsaida, wirkte Jesus.            Padatnya penduduk terletak di barat laut pantai danau, antara Magdalena dan Betsaida, dan disinilah dalam perjanjian baru Tuhan Yesus muncul. Hier fand er unter den Fischern seine ersten Jünger, hier heilte er Kranke, hier lauschte das Volk seinen Worten.Di sini Tuhan Yesus menemukan murid pertama-Nya di antara para nelayan, Ia menyembuhkan orang sakit, orang-orang di sini mendengarkan kata-kata-Nya.

Sungai Yordan

Der Fluß ist 330 km lang und mündet ins Tote Meer. Sungai ini 330 km panjangnya dan bermuara di Laut Mati. Er entsteht aus zahlreichen kleinen Bergbächen in den Hängen des Hermon, die sich zum Jordan vereinen. Sungai ini muncul dari sejumlah sungai gunung kecil di lereng Gunung Hermon, yang bersatu di Yordania. Sein größter Zufluß ist der Strom Dan.Anak sungai terbesar adalah sungai Dan. Der Jordan bildet auch die Grenze zwischen Israel und Jordanien.sedangkan Sungai Yordan sendiri membentuk perbatasan antara Israel dan Yordania.

Laut Mati

            Laut Mati, (Ibrani VAM Melah Ha), yang berarti "garam laut" dan (Arab Bahr Lut), Laut yaitu Lot, yang letaknya 396 m di bawah Laut Tengah. Laut mati adalah danau terendah di dunia. Es ist 80 km lang, 18 km breit, hat eine Fläche von etwa 94o km2 und ist bis zu 794 m tief.Laut mati memiliki panjang 80 km dan lebar 18 km. Laut mati memiliki luas wilayah sekitar 940 km2 dan dalamnya 794 m. Das Tote Meer ist ein Salzsee im Jordangraben und bildet eine weitere Grenze zwischen Israel und Jordanien.Laut Mati adalah danau garam di Sungai Yordan Rift Valley dan memberikan batas lagi antara Israel dan Yordania.Der Salzgehalt beträgt 25%. Kadar garamnya adalah 25%.Durch das warme Klima verdunsten täglich 2 bis 25 mm der Wasseroberfläche, so daß trotz des Jordanzuflusses der Salzgehalt hoch bleibt und es weder Vegetation noch Fische im Toten Meer gibt. Udara di laut mati hangat sehingga setiap hari menguap 2-25 mm dari air. Tidak ada tumbuh-tumbuhan atau ikan di Laut Mati.Die Halbinsel Lisan teilt das Tote Meer in zwei Becken.

Lembah Yordania

Das besonders günstige Zusammenspiel von Klima und geologischen Gegebenheiten, die hohe Luftfeuchtigkeit, die von der Niederung herrührt, sowie das beständige Wetter schaffen für den Ackerbau im Jordantal besonders gute Bedingungen. Kombinasi yang sangat menguntungkan iklim dan kondisi geologi, kelembaban yang tinggi, yang berasal dari dataran rendah, dan menciptakan cuaca yang konsisten untuk pertanian di Lembah Yordania.Das Klima ist im Winter besonders mild.
Iklim musim dingin yang sangat ringan.Im unteren Jordantal herrscht subtropisches Klima mit milden Wintern und heißen Sommern. Dalam Lembah Yordan beriklim subtropis dengan musim dingin yang rendah dan musim panas yang tinggi. 
Die Pflanzenwelt ist außerordentlich vielfältig.            Flora sangat beragam. Bananen, Mangos und Avocados gedeihen problemlos.Ada pisang, mangga dan alpukat tumbuh dengan mudah. Israelische Obst- und Gemüseplantagen sowie Gewächshäuser werden mit Jordanwasser versorgt und beliefern einheimische und Exportmärkte mit Produkten von hoher Qualität. Buah dan sayuran Israel, peternakan dan rumah kaca yang menjadi dagangan domestik dan pasar ekspor dengan produk-produk berkualitas tinggi.Die israelische Landwirtschaft hat im Jordantal in den letzten Jahren beträchtliche Fortschritte gemacht. Israel telah membuat pertanian di Lembah Yordania dan dalam beberapa tahun terakhir cukup banyak kemajuan.




Kehidupan Israel Kuno dalam Perjanjian Lama

Kehidupan orang Israel kuno pada Kitab Yosua dan Hakim-hakim menjelaskan tentang penyerangan orang Israel atas Kanaan, tanah perjanjian. Diperkirakan terjadi antara 1200-1000 SM. Kedua sumber ini sangat membingungkan. Beberapa perikop terlihat seperti serangan militer tentara, dan beberapa perikop terlihat seperti infiltrasi bertahap. Kemungkinan orang-orang israel menetap di bukit-bukit dekat kota itu, memanfaatkan keadaan Mesir yang tengah dilanda kehancuran. Di dalam alkitab juga terlihat betapa bangsa Israel terus berperang dengan komunitas-komunitas di dataran rendah terutama bangsa Filistin.
Bukti arkeologis menemukan pola hidup masyarakat Israel sebelum berbentuk kerajaan berupa desa-desa kecil ditinggali satu keluarga besar. Tidak ada orang yang memimpin mereka; semuanya hanya merasa diikat oleh perasaan sebangsa, sepersaudaraan, dan sesuku (ini cocok lho dengan alkitab, misalnya di Hakim-hakim 21:25).  


Flora dan Fauna Israel

            Israel adalah gunung yang diselimuti salju, padang pasir yang kering, lahan subur, hutan subur dan panjang dari pasir. Tidak kurang dari empat zona geografis yang berbeda yang termasuk dalam Negara Israel, dan iklim Negara berkisar dari semi – kering hingga sedang ke subtropis
            Semua ini membuat Israel menakjubkan berbagai jenis tanaman dan hewan. Beberapa 47.000 spesiaes hidup telah diidentifikasi di Isrsel dengan 4.000 lain diasumsikan ada. Terdapat 116 jenis mamalia asli kepada Israel, 511 jenis burung, 97 jenis reptil dan tujuh jenis ampibi. Beberapa 2.780 jenis tanaman tumbuh di seluruh negeri, dari alpine bunga di utara ke lereng gunung karang merah peony dan gurun buluh papyrus di selatan


Flora

19 pokok tanaman masyarakat Israel
  1. Masquis (daerah yang mengandung pohon – pohon kecil dan semak) : terletak di pegunungan Yudea, karmel dan galilea, ini adalah hutan utama.
  2. Ek hutan : Pada batu vulkanik dari DataranTinggi Gorlan, yang didominasi oleh masquis ek umum tumbuh di daerah yang lebih tinggi dari 500 meter di atas permukaan laut. Ahli botani percaya bahwa rentang hutan secara substansial di sini telah menurun selama abad
  3. Gugur musim dingin (gunung) hutan : Di gunung Hermon, antara 1.300 dan 1.800 meter di atas permukaan laut, musim dingin berganti daun pohon dan semak – semak yang dapat menahan angin dingin dan berkembang
  4. Ithaburensis Quercus hutan : pohon mediterania ini tumbuh di Israel yang kering dan daerah pantai lebih hangat, meski jauh dari hutan ini telah diubah menjadi zaitun.
  5. Carob dan terebinth hutan : hutan – hutan ini menutupi bukit – bukit batu kapur di kaki pegunungan pusat.
  6. Lotus dan vegetasi herba : semak ini tersebar di perbukitan tenggara Galilea, sehingga terlihat seperti sebuah taman tanpa pohon.
  7. Savanna Mediterania : di derah terlalu panas dan terlalu kering untuk pohon mediterania, semi-jujube tropis dan pohon – pohon berduri tumbuh asal sudan
  8. Semi-stepa : dimana wilayah mediterania Israel memenuhi padang pasir, perubahan vegetasi semi-semak.
  9. Cushion tanaman : Gunung Hermon tanaman yang melampui 1.900 meter di atas permukaan laut harus bertahan 3 – 5 bulan tertutup salju setiap tahun dan 4 – 5 bulan musim kemarau. Vegetasi yang dominan di sini adalah kecil, berduri, bulat, padat semak belukar dikenal sebagai bantal-tanaman.
  10. Steppe : Semi-semak menutupi lereng dan bukit – bukit wilayah Negara yang menerima 80 – 250 milimeter hujan per-tahun. Pembentukan vegetasi ini sering disebut sebagai padang rumput.
  11. Atlantik terebinth Stepa : Pada berbatu lebih tinggi dari 800 meter tumbuh terebinth Atlantik.
  12. Desert : Steppe  vegetasi secara bertahap memberikan cara untuk saharo-arab spesies tanaman sebagai iklim menjadi lebih kering
  13. Pasir : masing – masing dari tiga berpasir Israel daerah memiliki iklim yang berbeda dan pasir asal yang berbeda, masing – masing memilki berbagai jenis vegetasi.
  14. Oasis : bagian yang paling hangat adalah aravah Israel laut mati dan lembah yordan. Run off dan air bawah tanah menunmpuk di sini, pohon – pohon memungkinkan asal Sudan tumbuh di Oasis dan garam tahan kurma padang pasir berkembang di sekitar mata air.
  15. Gurun sabana : dalam Rift – Valley, curah hujan meningkat secara bertahap ke utara dari rata 30 mm. Sekitar Eilat sampai 150 mm. utara Yerikho. Sudan pohon dengan akar miskin, membuat bagian – bagian itu menyerupai sabana afrika timur
  16. Arava berhutan : Mendalam pasir dari arava ditutupi dengan hutan tipis pohon tumbuh hingga 4 meter tingginya
  17. Rawa – rawa dan alang – alang semak : Air-log tanah di tepi sungai mendukung vegetasi yang padat.
  18. Basah asin : Air asin membatasi tanah sepanjang tahun sepanjang sungai Yordan, laut mati, yang Arava lembah dan di pantai mediterania dekat akko.
  19. Di daerah – daerah yang instens kegiatan manusia : Vegetasi di wilayah seperti ini mudah dibedakan.


Fauna

Seperti banyak di Negara barat, semakin meningkatnya populasi dan pembangunan industry di Israel menghancurkan habitat alam, mendorong keanekaragaman hayati menjadi menurun. Israel telah membuat seperlima luas daratannya sebagai cagar alam.


Terrestial Hewan

            Hewan darat yang terbesar jumlahnya di Israel adalah kijang gunung, babi hutan, rubah dan kucing hutan. Namun jarang terlihat macan tutul, heyna dan serigala. Secara keseluruhan terdapat 116 spesies binatang di Israel. Ini merupakan sosok yang mengesankan untuk sebuah negara kecil.





Perlindungan Israel terhadap Flora dan Fauna

            Israel meratifikasi Konvensi PBB tentang keanekaragaman hayati pada bulan Agustus 1995. Israel berkomitmen panjang untuk melakukan perlindungan terhadap flora dan fauna, taman nasional dan cagar alam. Israel kini telah merumuskan targetnya secara spesifik.
ü  Mengembangkan rencana komperhensif untuk melestarikan keanekaragaman hayati.
ü  Membangun jaringan kawasan lindung untuk melestarikan ekosistem dan spesies.
ü  Merehabilitasi ekosistem yang rusak.
ü  Memajukan kesadaran masyarakat dan mempromosikan pengetahuan dan keahlian melalui pendidikan formal dan non formal.
Koordinasi aksi nasional dengan rencana regional dan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar